Home » » sejarah ALTAVISTA

sejarah ALTAVISTA

Sejarah Altavista
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista. digital.com.
Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.Pada tahun 1998, digunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama, mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space, dan menerima 13 juta query per hari.Ini AltaVista membuat pertama dicari, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web . Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal , namun kembali ketika upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.
AltaVista situs adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .
 Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated ("ATI") $ 3,3 juta untuk yang nama domain altavista.com - Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama pada tahun 1994.

Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI , sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu, menjadi jelas bahwa strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google . Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.
Layanan Gratis
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa.. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!.
 AltaVista Salah satu Search Engine Terlama
AltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web, karena mulai perjalanan kembali (ini adalah waktu yang lama di tahun Internet) pada tahun 1995 dengan indeks pertama Web Internet. Just as a quick age comparison, Google started in 1998 , and Yahoo started out as an Internet guide in 1994. Sama seperti perbandingan usia cepat, Google dimulai pada tahun 1998 , dan Yahoo dimulai sebagai panduan internet pada tahun 1994.
 Berikut adalah beberapa lain "pengalaman pertama" dan terkenal highlights dari AltaVista, langsung dari Tentang Kami halaman:
 • Memberikan Internet pertama indeks Web (1995)
• Pertama kemampuan pencarian multibahasa di Internet
• Pertama mesin pencari Internet untuk memulai Foto, Audio, dan kemampuan pencarian Video
• Kebanyakan fitur pencarian lanjutan internet dan kemampuan: multimedia pencarian, terjemahan & pengakuan bahasa, dan pencarian khusus
• Diberikan 61 pencarian terkait paten, lebih dari perusahaan pencarian internet lainnya
AltaVista Pencarian Home Page
 halaman rumah AltaVista adalah sleekly elegan. Ada bar pencarian tepat di tengah, dengan berbagai pilihan pencarian tab, termasuk Foto, MP3/Audio, Berita, dan Video.Filter Pencarian tersedia langsung, Anda dapat memilih untuk membatasi pencarian Anda hanya untuk Amerika Serikat (default), atau Anda bisa pergi di seluruh dunia. Anda juga dapat memberikan hasil dalam semua bahasa (default), atau memilih untuk pergi dengan hasil hanya bahasa Inggris atau Spanyol
KELEBIHAN (+)
1.      keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.      Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
1.      Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
Altavista Saat Ini
Altavista menambah koleksi database multimedianya yang saat ini mencapai lebih dari 240 juta file, meliputi file gambar, video clips, MP3, dan beberapa format file suara lainnya. Menurut Fred Bullock, Chief Marketing Officer dari Altavista, kenaikan minat yang signifikan dari pengguna Altavista dalam mencari file-file yang berbau multimedia dan berita membuat mereka harus melakukan improvisasi. Mereka juga ingin membuktikan bahwa Altavista bukanlah search engine tradisional yang indexnya terbatas untuk pencarian halaman web saja. Ukuran gambar yang di-index saat ini lebih besar dari sebelumnya, lebih beragam meskipun masih didominasi format JPEG.

Seperti halnya search engine gambar lainnya, Altavisa tidak bisa membaca gambar secara langsung. Relevansi ditentukan dari nama file, anchor text dari link, dan juga teks yang ada disekitar gambar. Fasilitas filter juga disediakan sehingga gambar hasil pencarian tidak tercampur dengan button atau banner, kecuali jika user menghendaki. Disamping itu user juga bisa mencari hasil yang lebih spesifik dengan menggunakan advance image search, seperti memilih kualitas foto atau grafik, gambar full color atau hitam putih, dan berbagai option lainnya.

tugasptikkelompok9.blogspot.com/2010/10/sejarah-altavista.htmlTembolok

0 komentar:

Post a Comment